ATTENTION!

DO NOT COPY without permission and full credit please

Tuesday, December 24, 2013

Mengenal Baobab (Adansonia), Pohon Unik Langka

Posted by Unknown at 2:00 PM
Anda pernah mendengar tentang nama pohon Baobab? mungkin lebih akrab dengan sebutan pohon unik yang terbalik karena bentuk dahan nya yang terlihat seperti akar? 


Pohon Baobab adalah pohon yang tampak aneh yang tumbuh di dataran rendah di Afrika dan Australia. Baobab juga disebut pohon yang terbalik karena minim daun, cabang-cabang Baobab seperti mencuat ke udara, seolah-olah telah ditanam terbalik.

The African Baobab adalah sejenis pohon dari genus Adansonia yang di Indonesia sering disebut ASEM BUTO atau KI TAMBLEG. Adansonia adalah genus dari sembilan spesies pohon, termasuk enam asli Madagaskar, dua asli daratan Afrika dan Semenanjung Arab, dan satu asli Australia. Salah satu spesies terdapat juga di Madagaskar yang telah mempunyai 6 spesies Adonsia, tetapi 1 spesies tersebut bukanlah tumbuhan asli Madagaskar, tetapi tumbuhan asli Africa. dan diperkenalkan pada zaman kuno untuk Asia Selatan dan selama era kolonial ke Karibia. Spesies kesembilan digambarkan pada tahun 2012, menggabungkan populasi dataran tinggi Afrika selatan dan timur.

Nama umumnya adalah Baobab sedangkan nama ilmiah umum diberikan oleh Michel Adanson (1727-1806), seorang ahli tanaman dari Prancis (French) yang menjelaskan penamaan A. digitata (Adansonia digitata). Digitata memiliki makna "seperti tangan mengembang" yang merujuk kepada bentuk dedaunan pohon tersebut jika dilihat dari jauh. Banyak nama untuk tumbuhan The African Baobab ini semisal Asem Buto dan Ki Tambleg (Indonesia), boab, boaboa, bottle tree, upside-down tree, Cream of Tartar tree, lemonade tree (Eng.), kremetartboom (Africa), isimuku, umShimulu, isiMuhu (Zulu), ximuwu (Tsonga), mowana (Tswana), muvhuyu (Venda) dan monkey bread tree.
Baobab Bar di Limpopo, Africa
Genus Adonsia umumnya tumbuh dengan ketinggian 5 sampai 30 m (16-98 ft) dan memiliki diameter batang 7 sampai 11 m (23-36 ft). Terdapat jenis Baobab (Adansonia digitata L.) yang diberi nama Glencoe Baobab dari spesimen Afrika yang tumbuh di Glencoe Farm, wilayah Hoedspruit, Propinsi Limpopo - Afrika Selatan (South Africa), yang dianggap pohon terbesar kedua di dunia dengan tinggi mencapai 17 meter dengan diameter batang, dan sebaran daun/batang berkisar 37 meter. Pohon ini tumbuh dengan beberapa cabang yang sangat dekat dengan tanah.

The African Baobab umumnya tumbuh dan ditemukan di daerah South Africa, Botswana, Namibia, Mozambique dan daerah tropis African. Tumbuhan ini menyukai/dapat tumbuh di daerah panas, hutan kering berbatu, memiliki drainase baik, dan daerah dengan curah hujan yang rendah. Dapat juga tumbuh di daerah dengan curah hujan sedang/tinggi asal tidak pernah mengalami salju, khususnya di daerah tropis.

Spesies Adansonia :  
Adansonia_grandidieri
Adansonia_suarezensis

Bombacaceae_-_Adansonia_za
ADANSONIA GREGORII (AUSTRALIAN BAOBAB)
 
ADANSONIA MADAGASCARIENSIS

Adansonia rubrostipa

Adansonia Perrieri 
Adansonia Killima (New Species)

Adansonia_fadiouth

Kegunaan Pohon Baobab
Sejak 2008 , telah terjadi peningkatan minat untuk mengembangkan benih baobab atau bubuk buah kering untuk produk konsumen . Pada 2010 , pasar internasional potensial diperkirakan sebesar US $ 1 miliar per tahun.

Beberapa spesies juga merupakan sumber serat , pewarna , dan bahan bakar . Pribumi Australia menggunakan native species A. Gregorii untuk beberapa produk , membuat string dari akar serabut dan kerajinan dekoratif dari buah-buahan. Buah segar dikatakan rasa seperti serbat . Sebuah besar , baobab berongga selatan dari Derby , Australia Barat , digunakan pada tahun 1890 sebagai penjara untuk narapidana dalam perjalanan mereka ke Derby untuk hukuman . The Boab Prison Pohon , Derby , masih berdiri dan sekarang menjadi tempat wisata .
Daun A. digitata dimakan sebagai sayuran daun . Benih-benih beberapa spesies merupakan sumber minyak nabati .
Buah ini memiliki kulit beludru dan tentang ukuran kelapa , dengan berat sekitar 1,5 kilogram (3.3 lb) . Ini memiliki asam , rasa asam , yang digambarkan sebagai " suatu tempat antara jeruk , pir , dan vanili.

Bubuk buah kering dari A. digitata mengandung air sekitar 12 % dan berbagai nutrisi , termasuk karbohidrat , serat , vitamin C , kalsium , magnesium , vitamin B , potasium , dan zat besi.



Kandungan vitamin C dari buah Baobab disebutkan sangat tinggi. bahkan hingga enam kali lebih banyak dari yang terkandung dalam jeruk. Kadar kalsiumnya lebih banyak dart yang terdapat di susu. Dan, bukan itu saja. Daun dart pohon ini dapat dipergunakan untuk bahan lalap atau sayur, yang mengandung mineral sangat tinggi. Kulit pohon Baobab tersebut juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat, seperti bahan membuat tali, dan pakaian. Berbagai kandungan zat dalam pohon itu juga dipergunakan sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional. Di Eropa, buah pohon Baobab diterima sebagai produk alam dari Afrika yang daging buahnya diproduksi dalam kemasan bubuk yang khusus dipergunakan masyarakat Eropa, sebagai penambah bahan untuk mengolah sup dan berbagai makanan olahan lainnya.

The Baobab Pohon dikenal sebagai pohon kehidupan , dengan alasan yang bagus . Hal ini dapat menyediakan tempat tinggal, pakaian , makanan , dan air untuk hewan dan manusia penghuni daerah sabana Afrika . Kulit gabus - seperti batang dan besar tahan api dan digunakan untuk membuat kain dan tali . Daunnya digunakan sebagai bumbu dan obat-obatan . Buah , yang disebut " roti monyet " , bisa dimakan , dan penuh vitamin C. Pada 2010 ahli memperkirakan pasar internasional potensial di satu miliar dolar ( US $ ) per tahun . 

Buah ini memiliki kulit beludru dan seukuran kelapa , dengan berat sekitar 1,44 kilogram (3.2 lb) . Buahnya ini memiliki rasa agak asam , digambarkan sebagai ' rasa antara jeruk , pir , dan vanili ' .
Baobabs menyimpan air di batangnya (sampai 100.000 liter atau 26.000 galon AS) untuk bertahan di kondisi kering khusus untuk masing-masing daerah. Semua terjadi di daerah kering musiman, dan gugur, mencurahkan daun mereka selama musim kemarau. Pohon itu dapat menyimpan ratusan liter air , yang merupakan adaptasi terhadap kondisi kekeringan yang keras dari lingkungannya . Pohon itu dapat dimanfaatkan dalam periode kering .
Didalam Baobab Bar

Baobab Bar
Pohon dewasa biasanya berongga , memberikan ruang hidup bagi banyak hewan dan manusia . Pohon bahkan digunakan sebagai bar , lumbung , anggur dan bir toko-toko dan banyak lagi.


Di Tulis Oleh :
Widiawati

0 comments:

 

Widia's Diary Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea